Kamis, 24 Januari 2013

kegunaan karbon

Kegunaan unsur  karbon

A.    Alkohol

1.            Alkohol dapat digunakan sebagai pengawaet untuk hewan koleksi (yang ukurannya kecil).
2.             Alkohol juga dapat digunakan sebagai bahan bakar otomotif.
3.             Ethanol dan methanol dapat dibuat untuk membakar lebih bersih dibanding gasoline atau diesel.
4.            Alkohol dapat digunakan sebagai antifreeze pada radiator. Untuk menambah penampilan Mesin pembakaran dalam, methanol dapat disuntikan kedalam mesin Turbocharger dan Supercharger. Ini akan mendinginkan masuknya udara kedalam pipa masuk, menyediakan masuknya udara yang lebih padat.
5.            Alkohol digunakan secara luas dalam industri dan sains sebagai pereaksi, pelarut, dan bahan bakar.
6.            Ada lagi alkohol yang digunakan secara bebas, yaitu yang dikenal di masyarakat sebagai spirtus. Awalnya alkohol digunakan secara bebas sebagai bahan bakar. Namun untuk mencegah penyalahgunaannya untuk makanan atau minuman, maka alkohol tersebut didenaturasi. denaturated alcohol disebut juga methylated spirit, karena itulah maka alkohol tersebut dikenal dengan nama spirtus.



B.     Eter

Ester mempunyai beberapa manfaat yaitu
1.      Ester digunakan untuk essen (sebagai pengharum), karena ester mempunyai bau harum (khas yang terdapat pada buah dan bunga).
2.       Ester digunakan untuk bahan pembuatan sabun. Ester tersebut mengalami reaksi saponifikasi, yaitu reaksi lemak atau minyak dengan Basa membentuk garam (sabun) dan gliserol.
3.      Ester digunakan untuk pembuatan margarine yang dilakukan dengan reaksi hidrogenasi (adisi gas hydrogen) terhadap minyak nabati.
4.      Dietil eter (etoksi etana) biasanya digunakan sebagai pelarut senyawa-senyawa organik.
5.      Selain itu dietil eter banyak digunakan sebagai zat arestesi (obat bius) di rumah sakit.
6.      MTBE (Metil Tertier Butil Eter),Senyawa eter ini digunakan untuk menaikan angka oktan besin menggantikan kedudukan TEL / TML, sehingga diperoleh bensin yang ramah lingkungan. Sebab tidak menghasilkan debu timbal (Pb2+) seperti bila digunakan TEL / TML

C.    Aldehid

1.         Senyawa aldehida umumnya dipergunakan sebagai bahan baku parfum.
2.         Salah satu kegunaan aldehida dalam kehidupan sehari- hari adalah sebagai bahan pengawet spesimen biologi dan pengawet makanan, yang sering disebut formalin.
3.         Pembasmi lalat dan serangga pengganggu lainnya.
4.         Bahan pembuatan sutra sintetis, zat pewarna, cermin, kaca
5.         Pengeras lapisan gelatin dan kertas dalam dunia Fotografi.
6.         Bahan pembuatan pupuk dalam bentuk urea.
7.         Bahan untuk pembuatan produk parfum.
8.         Bahan pengawet produk kosmetika dan pengeras kuku.
9.         Pencegah korosi untuk sumur minyak.
10.     Bahan untuk membuat karet dan damar buatan
11.     Bahan untuk membuat asam aselat (Asam Cuka)
12.     Bahan untuk membuat alcohol



D.    Alkanon

Senyawa alkanon yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalahaseton (propanon). Aseton banyak digunakan sebagai :
1.         Pelarut senyawa karbon misalnya : sebagai pembersih cat kuku
2.         Bahan baku pembuatan zat organik lain seperti klaroform yang digunakan sebagai obat bius.
3.         Selain aseton, beberapa senyawa alkanon banyak yang berbau harum sehingga digunakan sebagai campuran parfum dan kosmetika lainnya.

E.     Asam Alkanoat

Penggunaan asam alkanoat dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
1.         Asam format (asam metanoat) yang juga dikenal asam semut merupakan cairan tak berwarna dengan bau yang merangsang. Biasanya digunakan untuk :
        a) menggumpalkan lateks (getah karet)
        b) obat pembasmi hama
2.         Asam asetat atau asam etanoat yang dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan nama asam cuka. Asam cuka banyak digunakan sebagai pengawet makanan, dan penambah rasa makanan (baksa dan soto)
3.         Asam sitrat biasanya digunakan untuk pengawet buah dalam kaleng
4.         Asam stearat, asam ini berbentuk padat, berwarna putih. Dalam kehidupan sehari-hari terutama digunakan untuk membuat lilin.


F.     Ester

1.      Senyawa ester dengan rantai pendek (ester yang berasal dari asam karboksilat suku rendah dengan alkohol suku rendah) banyak terdapat dalam buah-buahan
yang menimbulkan aroma dari buah tersebut, sehingga disebut ester buah-buahan.Senyawa ester ini banyak digunakan sebagai penyedap atau esens.
2.      Aroma pisang pada makanan atau minuman dapat diperolehdengan menambahkan ester amil asetat. Benzilasetat memberikan aromastrawberry pada makanan atau minuman.
3.      Di samping itu digunakan juga sebagai pelarut pada pembuatan cat, cat kuku, dan perekat.
4.      Ester yang berasal dari gliserol dengan asam karboksilat suku rendah atau tinggi (minyak dan lemak) digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan sabun dan mentega (margarin).
5.      Ester dari alkohol suku tinggi dan asam karboksilat suku tinggi. Ester ini disebut lilin (wax), lilin ini berbeda dengan lilin hidrokarbon (lilin parafin). Kegunaannya ialah untuk pemoles mobil dan lantai.
6.      Esterifikasi etilen glikol dengan asam bensen 1.4 dikarboksilat menghasilkan polyester yang digunakan sebagai bahan pembuat kain.

1 komentar:

  1. Terima kasih banyak atas infonya gan.
    Lumayan nambah elmu.

    Parfum Original :
    Kegunaan Parfum.


    ----------------

    BalasHapus